Dipimpin Plt Kasat, Personel Satpol PP WH Banda Aceh Tertibkan Ratusan APK

Banda Aceh – Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP WH) Kota Banda Aceh menertibkan ratusan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai aturan di jalan-jalan protokol, seperti Jembatan Pante Perak hingga Jalan T Nyak Arief.

Pelakasana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP WH Kota Banda Aceh, Muhammad Rizal, S.STP, M.Si, mengatakan penertiban tersebut dilakukan atas rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh.

“APK yang ditertibkan adalah yang dipasang di bahu jalan, di pohon, dan di tempat-tempat yang dilarang,” kata Rizal.

Rizal yang memimpin langsung penertiban tersebut menjelaskan, penertiban APK yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk menciptakan ketertiban umum dan keindahan kota. Selain itu, penertiban juga untuk memastikan pelaksanaan kampanye berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami mengimbau kepada seluruh pihak yang memasang APK untuk mematuhi aturan yang berlaku,” kata Rizal.

Penertiban yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB turut didampingi oleh Panwaslih Kota Banda Aceh dan sejumlah Personel Polresta Banda Aceh.

Adapun ratusan APK yang ditertibkan terdiri dari baliho, umbul-umbul, dan spanduk. APK-APK yang dicopot tersebut dalam status disita oleh Panwaslih Kota Banda Aceh. Panwaslih akan melakukan pendataan terlebih dahulu berapa jumlah APK yang disita dari masing-masing partai.

Nantinya, APK-APK tersebut dapat diambil kembali oleh masing-masing peserta pemilu di Kantor Panwaslih Kota Banda Aceh. Namun mereka harus menandatangani berita acara untuk tidak memasang di tempat-tempat yang terlarang.

Dalam apel penutupan penertiban, Plt. Kasatpol PP WH Kota Banda Aceh mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut.

“terimkasih kami ucapkan atas kerja keras dan totalitas yang ditunjukkan oleh seluruh personel” tutup mantan Camat Baiturrahman itu.